Jumat, 12 April 2013

Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer

Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer - Novoselic.Cyber|  Kali ini saya sedikit mengulas mengenai Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer baik secara Umum maupun Secara Khusus dalam kehidupan kita. Mungkin udah banyak yang membuat Tread ini, tapi di sini saya mencoba memberikan informasinya sedikit lebih inofatis hee... Yaa gitu dehh. tanpa panjang lebar lagi Yuk kita masuk ke Materinya... Cekidot..
 Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan Komputer merupakan ( Computer Network) atau sering disebut jaringan merupakan dua buah simpul (umumnya berupa simpul) atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan. Secara gitu... jamanya Teknologi maju... heee
Secara umum manfaat jaringan komputer diantara mudahnya berbagi / bertukar data dari komputer satu ke komputer lainya. jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. yang kedua yaitu rehabilitas tinggi adalah jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data – data kedua atau tiga komputer. yang ketiga yaitu menghemat biaya adalah dengan jaringan komputer, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.yang keempat sebagai sarana komunikasi adalah jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi.
Dengan adanya jaringan komputer menjadi semua kegiatan menjadi lebih efisien, misalnya berbagi printer. Sepeti di suatu lab praktikum secara bersamaan dapat melalukan print,  padahal mesin printnya hanya ada satu. Hal itu bisa dilakukan berkat adanya Jaringan Komputer.
Berkat adanya jaringan komputer  transfer data menjadi lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainya. Nah untuk lebih tau tentang Manfaat Jaringan Komputer Baca dehh di bawah ini......
  • Resource Sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.
Resource Sharing, dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak. 
  • High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.
Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  • Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer
Menghemat Biaya. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi.
Berikut adalah penjelasa tentang Manfaat Kegunaan jaringan komputer
A. Berbagai perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive,dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. 
B. Berbagai program atau data
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sbuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani omputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.

C. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringak komputer, komunikasi dapat dilakukanlebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berckap-cakap secara lansung melalui tulisan ( Chating ) ataupun telekonferasi.

D. Memudahkan pengaksesan imformasi

Jaringan komputer memuadahakan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringa yang terbesar didunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.
Keuntungan Jaringan Komputer Secara Umum
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Berikut adalah beberapa Keuntungan Jaringan Komputer secara Umum.
1. Berbagi Sumber Daya (Sharing Resouces)
Penggunaan bersama sumber daya Jaringan Komputer. Contoh : Hardisk, CD-Room, Printer, Fax, Koneksi Internet, Server, Lagu, Filem, Game. Jadi dapat di kelompokan kedalam (Hardware dan Software)
2. Access Informasi Yang Bisa Dilakukan Di Manapun (Seperti akses Berita Terkini, Info E-goverment, E-commerce atau E-business, semuanya up to date) Yang bisa kita akses dimanapun kita berada asalkan kita terhubung dengan Internet
3. Komunikasi
Pertukaran data dan informasi Baik Komunikasi person to person Ataupun ke Komunitas-komunitas/ Forum. Contoh : E-mail, Chatting, Instant Messaging.
4. Centralized Security
Pemasangan perangkat keamanan pada satu tempat untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall ( Berfungsi Untuk Mengfilter/Menyeleksi Informasi yang Masuk).
5. Integrasi Data
Pembagian beban Pemrosesan data ke banyak komputer Lebih Mudah. Contoh : Sistem Terdistribusi.
6. Efisiensi Waktu dan Tenaga
Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi yang bisa di lakukan tanpa kita bekerja dengan tenaga artinya kita tinggal buka aja Laptop/Komputer kita. Contoh : File sharing via jaringan.
7. Kerjasama 
Memungkinkan kolaborasi dari banyak orang bahkan sampai dalam cakupan global (Seluruh Dunia). Contoh : Workgroup, Komunitas Open Source software (Free / Gratissss) .
8. Efisiensi Biaya
Mengurangi Kebutuhan Hardware dan Software (1 Komponen bisa di pake Bersama-sama). Contoh : Diskless workstation.
9. Peningkatan Produktivitas
Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta Terjalinnya Kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.
10. Centralized Administration
Pengelolaan keseluruhan sistem dari satu tempat. Contoh : Active directory pada Windows 2000/2003 Server.
11. Hiburan interaktif (Nonton Acara Tv Online, Radio Streaming, Download Film atau Lagu, dll).

Menjadi sebuah kesenangan tersendiri  kalau kita  mempunyai jaringan komputer didalam rumah sendiri. Apalagi dengan sudah Dikembangkannya Smartphone yang makin banyak bermunculan sepeti i-Phone dan Android yang dimana Handphone tersebut dibutuhkan koneksi atau jaringan komputer yang memadai Untuk mengakses informasi yang kita ingginkan.

By Erwin Darusman , Semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar